Jumat, 24 April 2009

Bab V PERSIAPAN UNTUK MENULIS PESAN BISNIS

Bab V
PERSIAPAN UNTUK MENULIS PESAN BISNIS

1 Pendekatan Terhadap Proses Penulisan Secara Sistematis

Dasar penulisan bisnis :
• Mempunyai tujuan
• Hemat ekonomis
• Orientasi pada pembaca

Dalam banyak hal penulisan bisnis lebih mudah dari pada penulisan akademik,namun tetap saja diperlukan kerja keras , terutama bagi pemula tetapi dengan mengikuti proses, mempelajari contoh-contoh,dan memperaktekkan keterampilan tersebut dapat membuat hamper semua orang bisa menjadi penulis dan pembicara bisnis yang berhasil.

2 Menyesuaikan Dan Mengubah Proses .

Langkah langkah dalam proses penulisan dapat diatur ulang,diperpendek ,atau diulang.

A Bekerja dengan tim


• Tugas besar
• Banyak tugas dengan tenggang waktu pendek
• Proyek tim yang membutuhkan keahlian atau kondensus banyak orang





B bekerja dengan teknologi

Teknologi computer membantu anda menghasilkan ide, melakukan penelitian dan mengola fakta.

Tetapi, meskipun peranti tekhnologi ini sangat mengagumkan, mereka tidak dapat secara otomatis menghasilkan surat yang efektif, persentasi, lisan yang persuasif, atau situs web yang bagus.mereka juga tidak dapat mengelola data menjadi presentasi yang logis dan singkat atau mempertajam ide sehingga menjadi argument yang kokoh .


3. Menganalisis Tugas
Kebanyakan komunikasi bisnis mempunyai tujuan primer (untuk menginformasikan atau membujuk)dan tujuan sekunder (untuk menunjukkan niat baik.)
Memilih saluran terbaik untuk mengirim pesan terngantung pada kepentingan pesan, umpan balik yang diinginka ,kebutuhan akan catatan permanen, biaya ,dan derajat formalitas yang diperlukan .

Memilih saluran terbaik :
• Seberapa penting pesan itu
• Jumlah dan kecepatan umpan balik yang diperlukan
• Seberapa perlu sebuah catatan permanen
• Biaya saluran
• Tingkat formalitas

4 Mengantisipasi Audiensi

• Membuat Profil Audiensi
Denagn membuat profil audiensi sebelum anda menulis, anda dapat mengidentifikasi nada, bahasa, dan saluran yang tepat

• Merespon profil
Nasihat berharga tentang bagaimana meningkatkan pesan anda meliputi membuat profil audiensi anda dan merespon profil tersebut

5 Adaptasi Terhadap Tugas Dan Audiensi

Cara-cara untuk beradaptasi terhadap audiensi meliputi memilih nada dan kata yang tepat , menyoroti manfaat bagi pembaca, membangun sikap “anda”dan mengunakan bahasa yang peka dan sopan.

1. Menyoroti Manfaat Penerima
Komunikator yang tegas membayangkan penerima dan focus pada manfaat bagi orang itu
2. Megusahakan Sudut Pandang “anda”
komunikator yang efektif menekankan pandangan “anda” dalam nada yang tulus dan tidak manipulatif atau mencela.
3. Menghindari Bias Gender.
Pada umumnya, anda dapat menghindari bahasa yang bias gender dengan tidak memakai kata pria(man) atau wanita (woman), dengan mengunakan kata benda dan kata ganti jamak, atau dengan mengubah kata yang bebas gender.

6. Beradaptasi Terhadap Tanggung Jawab Legal.
Salah satu tanggung jawab utam anda cara menulis untuk organisasi atau anda sendiri adalah menghindari bahasa yang bisa menyeret anda kepengadilan.
Komunikator yang berhati-hati harus mengakrabkan diri mereka dengan informasi dalam empat bidang informasi : Investasi, Keamanan, Pemasaran dan Sumber daya manusia.

1 komentar: